“All is well, If the end is well”
Ending sebuah film adalah kunci yang paling menentukan keberhasilan sebuah film. Twist ending adalah salah satu cara untuk mengakhiri sebuah film dengan cara membuang mentah-mentah ekspektasi penonton setelah melihat hampir keseluruhan film.
Alfred Hitchcock, Christopher Nolan, dan M. Night Shayamlan adalah sutradara-sutradara yang senang membuat film berjenis ini. Saya pun sangat menyukai jenis-jenis film seperti ini karena sebagian besar film dengan twist ending dapat memberikan efek jaw dropping alias melongo setelah melihatnya, dibandingkan dengan happy / sad ending.
Berikut saya berikan daftar film dengan twist / shocking ending:
————————————————————————————————————————————————————-
10. The Others |2001|(Alejandro Amenabar)
Cerita : Grace Stewart tinggal bersama dengan dua anaknya di sebuah rumah besar yang terpencil, menjelang akhir Perang Dunia II, di mana dia menunggu suaminya kembali dari pertempuran. Sampai suatu saat Grace menyadari bahwa rumah mereka telah didatangi banyak makhluk halus.
Ending : Akhirnya Grace mengetahui bahwa ia dan kedua anaknya telah mati sejak awal. Dan makhluk halus yang disangka Grace telah menghantui rumah mereka bukanlah makhluk halus melainkan manusia yang masih hidup dan akan mendiami rumah tersebut

9. Identity |2003| (James Mangold)
Cerita : Ed (John Cusack) dan beberapa orang lainnya terjebak dalam hujan badai di malam hari yang membuat mereka harus menginap di sebuah motel terpencil. Dan di malam itu mereka yang terjebak hujan di bunuh satu persatu oleh pembunuh misterius.
Ending : Tidak pernah ada hujan badai, tidak pernah ada motel, dan tidak pernah ada pembunuh atau yang terbunuh. Semuanya adalah khayalan Ed yang terkena penyakit Schizofrenia. Dan pembunuh yang ada di dalam khayalan Ed ternyata adalah seorang anak kecil

8. A Tale of Two Sisters |2003| (Kim Jee Won)
Cerita : Bae Su Mi yang telah menghabiskan waktu di rumah sakit jiwa, akhirnya kembali ke rumah dan tinggal kembali bersama ayah, adik, dan ibu tirinya. Sesampai di rumah, Bae yang selain berurusan dengan ibu tirinya yang obsesif , ia juga diganggu hantu yang mempengaruhi pemulihan jiwanya.
Ending : Ternyata gangguan jiwa Bae Su Mi belum pulih, dan adiknya ternyata telah meninggal, dan ibu tirinya yang kejam tidak pernah ada tinggal ditumah itu. Ibu tirinya yang kejam hanyalah khayalan Bae Su Mi semata.

7. Memento |2000| (Christopher Nolan)
Cerita : Leonard Shelby, seorang yang terkena penyakit amnesia mencoba mencari pembunuh istrinya dengan hanya mengandalkan tato dan foto sebagai petunjuk.
Ending : Ternyata Leonard Shelby lah yang telah membunuh istrinya. Pencariannya mencari pembunuh istrinya terus berlanjut dikarenakan amnesia, ia tidak bisa mengingat bahwa ia sebenarnya telah membunuh orang yang ia anggap sebagai pembunuh.

6. Scream |1996| (Wes Craven)
Cerita : Seorang pembunuh yang dikenal sebagai “Ghost Face” muncul dan mulai membunuh para remaja. Sidney, dan Billy kekasihnya, mencoba menghindar dari pembunuh dan mencoba mengungkap siapa sebenarnya Ghost Face itu.
Ending : Akhirnya terungkap bahwa sebenarnya Ghost Face adalah Billy, kekasih Sidney

5. Arlington Road |1999| (Mark Pellington)
Cerita : Michael Faraday, seorang professor yang baru saja mendapat tetangga baru di seberang rumahnya mulai mencurigai bahwa tetangganya tersebut seorang teroris. Pada suatu saat Michael Faraday mencoba menghentikan aksi bom yang rencananya akan dilakukan di gedung FBI.
Ending : Mobil yang dikemudikan Michael Faraday untuk menghentikan aksi teror tersebut ternyata berisi bom aktif yang ditaruh oleh tetangganya. Michael Faraday tewas dan dianggap sebagai teroris karena membom gedung FBI.

4. The Prestige |2006| (Christopher Nolan)
Cerita : Robert Angier, Julia McCullough dan Alfred Borden adalah sebuah tim di sebuah pertunjukan di Inggris di abad 19. Suatu ketika Julia tanpa sengaja tewas saat pertunjukan sulap, dan Angier menyalahkan Borden atas kematiannya istrinya. Disinilah dimulai rivalitas 2 pesulap yang saling menjatuhkan satu sama lain agar salah satu dari mereka dapat menjadi magician yang terbaik di London.
Ending : Angier dengan caranya berhasil menjebak Borden agar ia terjerat hukuman mati. Borden yang telah dihukum mati tiba-tiba muncul di hadapan Angier. Borden yang muncul di hadapan Angier ternyata adalah Fallon, saudara kembar Borden yang selama ini telah membantu Borden untuk menjatuhkan Angier.

3. The Boy in the Striped Pajamas |2008| (Mark Herman)
Cerita : Sebuah cerita persahabatan di masa Perang Dunia II, antara anak dari seorang komandan Na’zi, dan seorang anak Yahudi.
Ending : Kedua anak tersebut sering bermain di area tempat penyiksaan tahanan Yahudi. Dan tanpa suatu kesengajaan mereka masuk ke ruangan tempat pembakaran tahanan Yahudi dan mereka berdua terbakar hidup-hidup

2. Donnie Darko |2001| (Richard Kelly)
Cerita : Suatu kecelakaan aneh terjadi di rumah Donnie, dimana sebuah mesin pesawat jatuh tepat dikamar Donnie. Namun saat itu Donnie tidak ada dikamar karena Donnie melindur dan tidur diluar rumah. Seiring waktu berjalan, Donnie mendapatkan sebuah buku tentang Time Travel.
Ending : Donnie akhirnya menemukan cara untuk melakukan time travel. Donnie kembali ke masa saat mesin pesawat jatuh menimpa rumahnya, dan Donnie pun terbunuh.

1. Psycho |1960| (Alfred Hitchcock)
Cerita : Marion Crane berhasil kabur setalah mencuri uang sebesar $40.000. Lalu ia menginap disebuah motel, dimana motel tersebut dikelola oleh Norman Bates dan ibunya yang sakit keras. Di malam pertama Marion menginap di motel tersebut, Marion dibunuh oleh ibu Norman.
Ending : Pembunuh Marion sebenarnya adalah Norman Bates, bukan ibunya. Ibu Norman Bates telah meninggal, dan Norman Bates yang terkena penyakit multiple personality disorder sering berpakaian seperti ibunya
BONUS:
The Mist, 2007 ( Stephen King's )


Cerita :  Suatu hari, sebuah kabut misterius (yang membawa monster didalamnya) menyelimuti sebuah kota, orang orang yang tinggal di kota tersebut berniat mencari sebuah perlindungan, dan akhirnya terjebak di sebuah supermarket bersama warga kota lainnya.
Ending : Sebuah keluarga berhasil keluar dari supermarket tersebut dengan cara memakai mobil, dan mereka berniat meninggalkan kota tersebut, tapi di tengah perjalanan yang tertutupi oleh kabut tebal, mobil mereka tiba-tiba mati, keluarga tersebut kemudian melihat seekor monster yang SAAANGAT BESAR!, ayah dari keluarga tersebut kemudian membunuh seluruh keluarganya dengan pistol yang dibawanya ( agar mereka mati dengan cara yang lebih baik daripada dimakan oleh monster monster tersebut ) saat giliran si ayah yang ingin bunuh diri, tiba tiba....datanglah bantuan dari tentara, dan perlahan kabut tersebut menghilang!, WOOOWWW this is F*ck ending!,
 seandainya mereka mau menunggu untuk setidaknya 10 menit lagi, keluarga tersebut pasti masih hidup semua (begitu pemikiran saya, bagaimana dengan anda?)

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Dibawah Bro.....Terserah Loe.....Ungkapin seluruh isi hati loe.....sambil Curhat Juga Boleh.....Sambil Lihat berapa sisa waktu loe di Warnet!!! He...he....